NAMA KELURAHAN & LINGKUNGAN DI KECAMATAN MATARAM KOTA MATARAM

Mataram merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kota Mataram, berbatasan dengan kecamatan Selaparang di sebelah utara, Kecamatan Sekarbela di sebelah selatan dan Kecamatan Ampenan di sebelah barat, dan Kecamatan Cakranegara di sebelah timur. Letaknya antara antara 05 ̊ 54’ dan 08 ̊ 04’ Lintang Selatan dan antara 117 ̊ 30’ 118 ̊ 30’ Bujur Timur. Luas wilayah Kecamatan Mataram adalah 10, 76 Km2 yang terbagi dalam 9 (sembilan) kelurahan. Kelurahan Pagesangan  merupakan kelurahan yang memiliki wilayah paling luas, yakni sekitar 18,22% dari luas wilayah kecamatan. Semua wilayah Mataram merupakan daerah bukan pantai dengan ratarata curah hujannya 173,08 mm per bulan pada tahun 2016.


Kecamatan Mataram memiliki 9 kelurahan yang terdiri dari 55 lingkungan dan 277 rukun tetangga (RT) . Untuk menjalankan roda pemerintahan di sembilan kelurahan tersebut, terdapat 9 Lurah dan 423 perangkat kelurahan dimana hanya 8,16 persen memiliki pendidikan tertinggi dibawah SMA/sederajat, dan sisanya memiliki pendidikan tertinggi SMA/sederajat dan DIII/Universitas masingmasing samasama 45,92 persen. Selain itu, terdapat 27 aparat kantor camat yang terdiri dari 15 lakilaki dan 12 perempuan. Sarana perekonomian yang ada di Mataram cukup menunjang perekonomian masyarakat Mataram karena sebagian kelurahan yang ada di Mataram telah memiliki pasar. Di Kecamatan Mataram terdapat 3 pasar umum, 822 toko dan 27  lembaga keuangan yang tersebar hampir di seluruh kelurahan yang ada di Mataram.
Berdasarkan data dari hasil survei Badan Pusat Statistik tahun 2016, jumlah penduduk  kecamatan Mataram tercatat 85.491 jiwa. Jumlah penduduk lakilaki lebih sedikit daripada penduduk perempuan dengan angka sex ratio 0,96. Penduduk di Kecamatan Mataram hampir merata di tiap kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak di Kelurahan Pagesangan Timur, sedangkan Kelurahan Mataram Timur memiliki jumlah penduduk paling sedikit. Wilayah yang paling padat penduduknya adalah Kelurahan Pagesangan Barat dengan ratarata kepadatan  penduduk 14.904 jiwa per km2. Sarana perekonomian yang ada sudah cukup menunjang perekonomian masyarakatnya. Sektor perdagangan masih merupakan sektor yang paling mendominasi dalam hal menyerap tenaga kerja. Selanjutnya diikuti oleh sektor jasa dan pertanian 
Sarana pendidikan yang memadai menunjang terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. SDM berkualitas dibutuhkan dalam pembangunan daerah dan nasional baik pembangunan  jangka panjang maupun jangka pendek. Di Kecamatan Mataram terdapat 10 universitas/akademi, 15 SMA/SMK/sederajat, 10 SMP/sederajat, 37 SD/sederajat, dan 19 TK. Selain kualitas pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat juga sangat penting dalam upaya  peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam berbagai aspek. Tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai sangat menunjang peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Pada tahun 2016 terdapat 68 apotik dan 6 pedagang farmasi. Di Kecamatan Mataram terdapat 99 buah sarana ibadah terdiri dari 40 masjid, 30 mushola, 2 gereja dan 27 pura.
Pada tahun 2016, luas tanah sawah di Kecamatan Mataram sebesar 162,33 Ha. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 2,30 Ha. Peternakan di Mataram meliputi ternak besar dan ternak kecil. Jumlah ternak besar yang paling banyak adalah sapi sebanyak 230 ekor, disusul oleh kuda sebanyak 59 ekor dan untuk kerbau sudah tidak ada di kota Mataram.

Berikut ini adalah daftar nama-nama kelurahan dan lingkungan di kecamatan Mataram Kota Mataram sebagai referensi bagi pengunjung sekalian, dan apabila terdapat kekurangan mohon info dan masukannya.

KELURAHAN PAGUTAN  (KODE POS : 83117)  terdiri dari : Lingkungan Presak Barat, Lingkungan Presak Timur, Lingkungan Guliten, Lingkungan Karang Genteng.

KELURAHAN MATARAM TIMUR  (KODE POS : 83121)  terdiri dari : Lingkungan Karang Bedil, Lingkungan Karang Sukun, ,Lingkungan Karang Medain Timur, Lingkungan Monjok, Lingkungan Monjok Baru.

KELURAHAN PAGESANGAN  (KODE POS : 83127)  terdiri dari : Lingkungan Kekalik Baru, Lingkungan Kekalik Kebon, Lingkungan Gubug Mamben, Lingkungan Pesinggahan, Lingkungan Timbrah, Lingkungan Saren.

KELURAHAN PAGESANGAN BARAT  (KODE POS : 83127)  terdiri dari : Lingkungan Bebidas, Lingkungan Pagesangan Barat, Lingkungan Pagesangan Indah, Lingkungan Pagesangan Baru, Lingkungan Pagesangan Selatan, Lingkungan Pagesangan Utara.

KELURAHAN PAGESANGAN TIMUR  (KODE POS : 83127)  terdiri dari : Lingkungan Pagesangan Timur, Lingkungan Gebang Barat, Lingkungan Gebang Timur, Lingkungan Karang Anyar, Lingkungan Taman, Lingkungan Seraya.

KELURAHAN PAGUTAN BARAT  (KODE POS : 83127)  terdiri dari : Lingkungan Pesongoran, Lingkungan Pagutan Permai, Lingkungan Batu Rujung, Lingkungan Belatung, Lingkungan Asak, Lingkungan BTN Griya Indah.

KELURAHAN PAGUTAN TIMUR  (KODE POS : 83127)  terdiri dari : Lingkungan Bukit Ngandang, Lingkungan Intaran, Lingkungan Karang Buaya, Lingkungan Sukadana, Lingkungan Petemon.

KELURAHAN PEJANGGIK   (KODE POS : 83127)  terdiri dari : Lingkungan Kebon Raja, Lingkungan Pejanggik, Lingkungan Pusaka, Lingkungan Pengempel, Lingkungan Majeluk, Lingkungan Pajang Barat, Lingkungan Pajang Timur.

KELURAHAN PUNIA   (KODE POS : 83127)  terdiri dari : Lingkungan Punia Jamak, Lingkungan Karang Timbal, Lingkungan Punia Saba, Lingkungan Karang Melayu, Lingkungan Karang Kateng.

Demikian nama Kelurahan dan Lingkungan di Kecamatan Mataram, semoga bermanfaat... terimakasih atas kunjungannya!



0 Response to "NAMA KELURAHAN & LINGKUNGAN DI KECAMATAN MATARAM KOTA MATARAM"

Posting Komentar