TIPS AGAR BATERAI LAPTOP AWET

Laptop adalah komputer portable, yang bisa Anda gunakan secara mobile alias dapat dibawa kemana-mana dan tidak memerlukan banyak tempat. Hal tersebut membuat laptop sendiri kian hari kian diminati. Keunggulan laptop dibanding desktop adalah kemudahannya, jika laptop bisa di bawa kemana saja sedangkan desktop tidak. Sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan laptop, selain sebagai bagian dari tuntutan kerja tidak sedikit pula orang yang lebih mengedepankan gengsi untuk memiliki barang ini.


Laptop dirancang agar bisa digunakan secara mobile dengan ukuran yang kecil dan cukup ringan untuk diletakkan di pangkuan  ketika digunakan. Mobilitas yang tinggi membuat laptop menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang yang memiliki aktifitas yang berhubungan dengan data.Pada sebuah laptop telah terintegrasi dengan sebagian besar komponen khas seperti halnya komputer desktop yaitu layar monitor, keyboard, perangkat penunjuk atau trackpad, speaker dan baterai yang telah disusun pada satu unit kecil yang ringan.

Baterai yang bisa di charge menyimpan energi untuk digunakan biasanya selama dua sampai enam jam. Hal ini tergantung pada konfigurasi dan manajemen daya laptop itu sendiri.Peranan baterai menjadi faktor utama agar laptop prakstis dibawa kemana-mana. Namun terkadang permasalahan pada baterai laptop menjadi problem utama dalam pemakaian laptop.


Nah berikut ini adalah beberapa tips agar baterai laptop anda tetap awet/tahan lama:
  1. Jangan langsung gunakan laptop sewaktu baru beli. Saat laptop baru dibeli, dan baterai dalam keadaan kosong, jangan langsung gunakan laptop. Pastikan laptop dichargae dalam keadaaan mati sekitar 4-8 jam hingga lampu indikatornya menunjukkan full charge.
  2. Matikan WiFi dan Bluetooth jika Anda tidak membutuhkannya. Selain lebih aman, baterai juga dapat bertahan lebih lama jika kedua fitur wireless ini dimatikan. Sebab Bluetooth dan WiFi akan terus bekerja untuk mengirim dan menerima sinyal yang tentunya menghabiskan daya.
  3. Turunkan tingkat kecerahan (brightness) layar. Layar LCD merupakan bagian yang mengonsumsi daya baterai paling banyak. Turunkan tingkat kecerahan layar hingga satu atau dua tingkat di atas setting minimal. Hal tersebut dapat memberikan keseimbangan yang tepat antara brightness dan power saving.
  4. Copot baterai saat tak digunakan. Jika sedang digunakan di kantor atau rumah, copot baterai laptop dan gunakan listrik langsung. Baterai yang sering digunakan sambil di charge akan terkena panas yang mempersingkat masa pakai baterai.
  5. Atur mode ‘sleep’. Pastikan untuk mengkonfigurasi laptopmu dengan tepat. Aturlah mode ‘sleep’ pada laptop agar saat tak digunakan, baik layar maupun hard disk akan nonaktif dalam jangka waktu tertentu saat laptop tak digunakan. Tentukan periode ‘sleep’ sesingkat mungkin untuk memaksimalkan masa pakai baterai.
  6. Matikan aplikasi yang tidak anda gunakan. Setiap aplikasi yang sedang berjalan membutuhkan sedikit kinerja processor dan hard disk. Yang akan berpengaruh pada  konsumsi baterai.
  7. Kurangi penggunaan port USB atau DVD drive.
  8. Kuraslah baterai laptop Anda paling tidak satu bulan sekali. Menguras baterai ini dalam artian gunakan baterai hingga menggunakan daya cadangan laptop. Dengan kata lain laptop benar-benar tidak bisa dihidupkan lagi dengan tenaga baterai. Langkah selanjutnya Adalah anda cukup mengisi kembali (charge) baterai laptop Anda hingga penuh.
Demikian ulasan singkat  tentang tips agar baterai laptop awet, semoga bermanfaat... terimakasih atas kunjungannya!

0 Response to "TIPS AGAR BATERAI LAPTOP AWET"

Posting Komentar