TRIK MENGATASI AKI MOTOR SOAK (Solusi Sementara)

Pada posting kali ini saya ingin berbagi cara mengatasi aki motor yang soak alias sudah tidak dapat menyimpan stroom lagi.

Memang cukup menjengkelkan ya apabila pada suatu ketika tiba-tiba saja aki motor kita tidak dapat bekerja sebagaimana biasa karena rusak/soak, akibatnya tentu sudah dapat dibayangkan seperti tidak bisa starter tangan, lampu sein tidak normal dan suara bel/klakson yg kecil dan sember bahkan tidak bersuara sama sekali.




Solusi paling ampuh adalah pergi ke toko onderdil/bengkel lalu beli aki baru dan ganti aki soaknya.. hehehe.. (itu hanya untuk mereka yang punya dana lho!)

Bagaimana dengan kita yang belum punya dana untuk membeli aki baru? Berikut ini adalah trik sederhana yang murah meriah dan tidak menguras isi kantong namun trik ini hanya bersifat sementara saja, jika agan-agan sudah memiliki dana segeralah membeli aki baru dan langsung ganti aki!

Bahannya : - 1 buah Elco, kapasitasnya bisa  4700 Mf/50 V atau 3300 Mf/50 V                                                                           -  Sepasang Jepit Buaya                                                                                                                                             -  Kabel (kurang lebih 20 Cm)

Alat-alat    : -  Solder listrik dan timah.


Selanjutnya sambungkan kaki-kaki Elco dengan kabel. Sesuaikan warna kabel dengan kutub nya, warna merah untuk kutub positif (+) dan warna hitam untuk kutub negatif (-)


Pasang alat sederhana ini pada aki motor agan yang rusak/soak. Sesuaikan warna kabel seperti langkah diatas warna merah untuk kutub positif (+) dan warna hitam untuk kutub negatif (-)


Selesai...... silahkan hidupkan mesin motor agan dan test suara klakson dan lampu seinnya.. semua kembali normal seperti sediakala. Kenapa bisa demikian? Jawabannya adalah karena Elco yang kita pasang itu cara kerjanya seperti "power bank" yg bisa menyimpan arus listrik meskipun kapasitasnya relatif kecil tetapi cukup untuk menyalakan lampu sein dan menghidupkan klakson.

Sayangnya trik ini masih memiliki kekurangan yaitu tidak mampu menghidupkan starter tangan karena seperti diuraikan diatas kapasitasnya kecil, dan arusnya tidak cukup kuat untuk menyalakan dynamo starter. Jadi untuk starter kita masih menggunakan kick starter.

Demikian trik sederhana ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat... terimakasih atas kunjungannya!

Lihat juga TRIK MENGGABUNGKAN MICRO SD DENGAN SIMCARD PADA SLOT KARTU XIAOMI REDMI NOTE 3 PRO

0 Response to "TRIK MENGATASI AKI MOTOR SOAK (Solusi Sementara)"

Posting Komentar