NAMA KELURAHAN & LINGKUNGAN DI KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM

Sandubaya merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kota Mataram, berbatasan dengan Kecamatan Cakranegara di sebelah utara, Kecamatan Labuapi Lombok Barat di sebelah selatan, sebagian Kecamatan Cakranegara dan kecamatan mataram di sebelah barat dan dengan Kecamatan Lingsar Lombok Barat dan kecamatan Narmada Lombok Barat di sebelah Timur. Letaknya antara 117̊30’-118̊30’ Bujur Timur dan 5̊54’-8̊04’ Lintang Selatan.

Sandubaya terdiri dari 7 kelurahan dengan luas wilayah 10,32 km2. Kelurahan terluas adalah Selagalas, sedangkan yang memiliki luas wilayah paling kecil adalah Kelurahan Abian Tubuh Baru. Semua wilayah Sandubaya merupakan daerah bukan pantai dengan rata-rata curah hujannya 202,50 mm per bulan pada tahun 2017.
Kecamatan Sandubaya memiliki 7 kelurahan yang terdiri dari 45 lingkungan, 13 rukun warga (RW) dan 290 rukun tetangga (RT) . Untuk menjalankan roda pemerintahan di tujuh kelurahan tersebut, terdapat 7 Lurah dan 45 perangkat kelurahan dimana 45,65 persen memiliki pendidikan tertinggi SMA/sederajat, dan sisanya memiliki pendidikan tertinggi SD/SLTP atau DIII/Universitas. Selain itu, terdapat 22 aparat kantor camat yang terdiri dari 13 laki-laki dan 9 perempuan.
Sarana perekonomian yang ada di Sandubaya cukup menunjang perekonomian masyarakat Sandubaya karena sebagian kelurahan yang ada di Sandubaya telah memiliki pasar. Di Kecamatan Sandubaya terdapat 5 pasar umum, 3.014 toko dan 31 lembaga keuangan yang tersebar hampir di seluruh kelurahan yang ada di Sandubaya.
Berdasarkan data dari hasil survei-survei Badan Pusat Statistik selama kurun waktu 2017, jumlah penduduk Sandubaya tercatat 76.868 jiwa. Jumlah tersebut merupakan jumlah penduduk terbanyak keempat dari 6 kecamatan yang ada di Mataram. Sama dengan tahun sebelumnya, di tahun ini jumlah penduduk laki-laki lebih sedikit daripada penduduk perempuan dengan angka sex ratio 0,99.
Penduduk di Sandubaya hampir merata di tiap kelurahan dengan penduduk terbanyak di Kelurahan Mandalika, kemudian disusul dengan Kelurahan Selagalas, dan Kelurahan Dasan Cermen memiliki penduduk paling sedikit. Wilayah yang paling padat penduduknya adalah Kelurahan Mandalika dengan kepadatan 14.210 jiwa per km2.
Sarana perekonomian yang ada di Sandubaya cukup menunjang perekonomian masyarakat Sandubaya sendiri. Tidak ada perubahan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya,di sektor ekonomi, sektor perdagangan masih merupakan sektor yang paling mendominasi dalam hal menyerap tenaga kerja. Selanjutnya diikuti oleh sektor jasa dan industri sedang dan kerajinan rumah tangga.
Sarana pendidikan yang memadai menunjang terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. SDM berkualitas dibutuhkan dalam pembangunan daerah dan nasional baik pembangunan jangka panjang maupun jangka pendek. Di Sandubaya terdapat 3 universitas/akademi, 6 SMA/SMK/sederajat, 5 SMP/sederajat, 22 SD/sederajat, dan 11 TK.
Selain kualitas pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat juga sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam berbagai aspek.Tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai sangat menunjang peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Sama dengan tahun sebelumnya di Sandubaya terdapat 3 apotik, 3 toko obat, dan 3 pedagang farmasi. Sementara itu sarana ibadah di Kecamatan Sandubaya mencapai 152 buah terdiri dari masjid sebanyak 36 buah, 98 langgar, 1 gereja, 15 pura dan 2 vihara.
Berikut ini adalah daftar  nama-nama  kelurahan  dan lingkungan  di  kecamatan Sandubaya  kota Mataram sebagai referensi bagi yang membutuhkan, dan apabila terdapat kekurangan mohon info dan masukannya.
KELURAHAN DASAN CERMEN (KODE POS : 83232) terdiri dari : Lingkungan Dasan Cermen Utara, Lingkungan Dasan Cermen Selatan, Lingkungan Dasan Cermen Barat dan Lingkungan Karang Parwa.
KELURAHAN BABAKAN (KODE POS : 83233) terdiri dari : Lingkungan Babakan Kebon, Lingkungan Babakan Barat, Lingkungan Babakan Timur, Lingkungan Babakan Timur Selatan dan Lingkungan Babakan Permai.
KELURAHAN BERTAIS (KODE POS : 83236) terdiri dari : Lingkungan Gontoran Barat, Lingkungan Butun Indah dan Lingkungan Bertais.
KELURAHAN ABIAN TUBUH BARU (KODE POS : 83237) terdiri dari : Lingkungan Karang Bata Utara, Lingkungan Karang Bata Tengah, Lingkungan Karang Bata Selatan, Lingkungan Abian Tubuh Barat, Lingkungan Karang Pande dan Lingkungan Karang Pelambik.
KELURAHAN MANDALIKA (KODE POS : 83237) terdiri dari : Lingkungan Lendang Lekong, Lingkungan Gerung Apitaik, Lingkungan Gerung Butun Timur dan Lingkungan Gerung Butun Barat.
KELURAHAN SELAGALAS (KODE POS : 83237) terdiri dari : Lingkungan Kebun Duren, Lingkungan Selagalas, Lingkungan Selagalas Baru, Lingkungan Jangkuk, Lingkungan Tegal dan Lingkungan Nyangget.
KELURAHAN TURIDA (KODE POS : 83237) terdiri dari : Lingkungan Turida Timur,  Lingkungan Turida Barat, Lingkungan Sayo Baru dan Lingkungan Gerung Indah.
Demikian nama kelurahan dan lingkungan di kecamatan Sandubaya, semoga bermanfaat... terimakasih atas kunjungannya!

1 Response to "NAMA KELURAHAN & LINGKUNGAN DI KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM"