TIPS MERAWAT LAPTOP AGAR TETAP SEHAT

Laptop selain sebagai perangkat untuk menyelesaikan berbagai macam tugas dan pekerjaan juga berfungsi sebagai media hiburan, tren gaya hidup hingga tempat menampung berbagai informasi penting yang sifatnya rahasia. Oleh karena itu anda sebaiknya memiliki perangkat ini.

Nah, untuk menjaga agar perangkat kesayangan anda ini tetap sehat walafiat, berikut ini  adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan.

  1. Pasanglah pelindung di Laptop anda mulai dari pelindung layar (screen protector), pelindung casing (cover protector) dan pelindung keyboard (keyboard protector). Tujuannya tentu untuk mengurangi resiko cacat fisik yang dapat disebabkan oleh goresan atau terkena tumpahan air/minyak. Selain itu protector ini juga dapat mencegah perangkat kesayangan anda cepat kotor. Dan juga akan lebih mudah untuk dibersihkan. 
  2. Gunakan baterai dengan benar. Kiat ini penting bagi anda yang baru saja membeli laptop atau mengganti baterai lama dengan yang baru. Isilah baterai sesuai petunjuk yang ada di buku manual. Jangan biasakan meninggalkan laptop dalam keadaan baterai sedang diisi ulang karena proses pengisian yang berlebihan (over charging) dapat memperpendek usia baterai. Jadi perhatikan selalu indikator pengisian baterai yang ada di laptop anda. Selengkapnya baca Tips Agar Baterai Laptop Awet
  3. Seperti benda elektronik ber-engsel lainnya anda perlu ekstra hati-hati ketika membuka dan menutup laptop, jangan melakukannya dengan kasar apalagi dipaksa karena bisa jadi akan mengakibatkan engselnya patah. Kebiasaan membuka dan menutup laptop terlalu sering juga sebaiknya dikurangi karena dapat merusak komponen konektor display (kabel flexi) yang ada di sekitar engsel.
  4. Jangan menggunakan laptop diatas permukaan yang lunak seperti kasur atau di atas pangkuan anda. Perbuatan semacam ini dapat menghambat/menutupi lubang ventilasi udara sehingga aliran udara panas tidak terbuang keluar dengan baik
  5. Gunakan cooling pad atau kipas laptop. Langkah ini berguna untuk membantu mendinginkan suhu panas laptop yang berlebihan.
  6. Hindari tempat panas karena panas merupakan musuh terbesar barang-barang elektronik tidak terkecuali laptop. Jadi ingatlah untuk selalu menjauhkan laptop anda dari sinar matahari langsung maupun dari ruangan yang bersuhu tinggi untuk mengurangi resiko kerusakan pada komponen dan baterai.
  7. Bersihkan secara berkala. Keyboard laptop mudah sekali berdebu dan kotor, jadi bersihkanlah menggunakan kuas, bisa juga dengan vacum cleaner portabel untuk menyedot debu dan kotoran yang ngumpet di sela-sela keyboard. Supaya terlihat lebih bersih sebaiknya kotoran yang menempel di permukaan tombol keyboard dibersihkan memakai kain halus. Jika perlu gunakan pengangkat noda (stain remover). Bersihkan juga layar laptop anda apabila sudah terlihat kotor, gunakan kain halus yang dibasahi pembersih kaca. Jangan menyemprot cairan secara langsung pada layar karena bisa menyebabkan LCD menjadi belang. Gosok secara perlahan dan searah. Hindari menggosok dengan menekan LCD terlalu keras.
  8. Terakhir, simpan laptop anda dengan rapi. Usahakan memilih tempat yang sejuk dan kering. Alangkah baiknya apabila disimpan dalam lemari kaca yang ada lampu penerang di dalam raknya. Jangan sekali-kali menyimpan laptop di lemari pakaian karena dapat mengakibatkan bagian internal keyboard berjamur sehingga akibatnya beberapa tombol seolah-olah lengket bahkan juga tidak dapat merespon. Apabila akan disimpan dalam jangka waktu lama sebaiknya baterai dicopot. Dan masukkan dalam tas laptop untuk mencegah kotoran dan debu masuk.
Demikian tips merawat laptop agar tetap sehat, semoga bermanfaat. Mungkin ada tambahan dari rekan-rekan pembaca tentu masukannya sangat kami hargai.. terimakasih atas kunjungannya!

0 Response to "TIPS MERAWAT LAPTOP AGAR TETAP SEHAT"

Posting Komentar