KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1971 - Sekarang)

Setelah tahun 1971 komputer generasi keempat mulai diciptakan. Komputer generasi keempat adalah pengembangan dari teknologi komputer generasi ketiga
Komputer generasi keempat muncul berkat penemuan mikroprosesor dengan teknologi VLSI (Very Large Scale Integration). Mikroprosesor pertama kali diperkenalkan oleh Intel pada tahun 1971 yang ditemukan oleh ilmuan Intel, Ted Hoff. Komputer dirancang dengan menggunakan mikroprosesor, dimana ribuan sirkuit terpadu dibangun ke sebuah chip silikon tunggal yang memungkinkan ukuran komputer menjadi lebih kecil dan kompak. Apa yang ada pada komputer generasi pertama yang dahulu memenuhi seluruh ruangan sekarang hanyalah seukuran telapak tangan. Mikroprosesor pertama Intel dinamakan Intel 4004. Di era inilah mulai bermunculan Personal Computer (PC) atau komputer pribadi.

Pada tahun 1976 Steve Wozniak mengembangkan komputer Apple I, produk pertama Apple; komputer pribadi kecil. Bersama temannya Steve Jobs yang kemudian membantunya memproduksi Apple II. Wozniak dan Jobs adalah pendiri Apple. Mereka mengembangkan Apple II, yang sangat sukses, diproduksi secara massal sebagai personal computer pertama. Sekitar lima juta terjual keseluruh dunia. Apple II dijalankan dengan ROM dan Integer BASIC, yang dikembangkan oleh Wozniak yang juga mengembangkan Disk II pada tahun 1978 sebuah Floppy Disk Drive untuk penyimpanan. Apple juga memperkenalkan Macintosh pada tahun 1984 menggunakan mikroprosesor Motorola 68000 yang awalnya tidak sukses secara komersial, tapi akhirnya menjadi sukses dengan pengenalan desktop publishing. Apple juga memproduksi seri Apple III tetapi tidak berhasil karena masalah overheating. Banyak model lain komputer Apple yang diproduksi di era generasi keempat ini.

Pendiri Microsoft, Paul Allen dan Bill Gates mulai menciptakan bahasa BASIC dalam kemitraan dengan MITS untuk komputer Altair 8800. Mereka menggunakan nama mikro-soft yang berarti "Microprocessing Software." Mereka mulai dengan membuat sistem operasi dan bahasa pemrograman DOS (Disk Operating System) yang membawa banyak kesuksesan bagi perusahaan. Sebuah kemitraan dengan IBM melahirkan IBM PC DOS pada tahun 1981. Perusahaan ini membuat banyak kolaborasi lainnya dengan menciptakan sistem untuk komputer yang berbeda selama masa itu.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi  5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

Beberapa contoh produk komputer generasi keempat adalah ALTAIR 8800, Apple I, Apple II series, Macintosh, IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, PUP 11 dan lain-lain.

Karakteristik Komputer Generasi  Keempat :

1) Penggunaaan mikroprosessor dengan teknologi VLSI.
2) Harga jauh lebih murah dari generasi sebelumya.
3) Ukuran lebih kecil dan kompak.
4) Dapat dihubungkan dengan jaringan internet.
5) Menggunakan sistem operasi MS-DOS dan MS Windows.
6) Penggunaan mouse menyebabkan komputer semakin personal.

Demikianlah artikel tentang Komputer Generasi Kempat semoga bermanfaat.. terimakasih atas kunjungannya!


0 Response to " KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1971 - Sekarang)"

Posting Komentar