NAMA KELURAHAN & LINGKUNGAN DI KECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM

Dilihat dari letak geografis, Kecamatan Cakranegara berada di antara Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat, Kecamatan Sandubaya, dan kecamatan Selaparang. Terletak antara 1160 7” – 1160 8” Bujur Timur dan 80 34” 80 35” Lintang Selatan. Cakranegara terdiri dari 10 kelurahan dengan luas wilayah 9.67 km2. Kelurahan terluas adalah SayangSayang, yang  merupakan ibukota Kecamatan Cakranegara, sedangkan yang memiliki luas wilayah paling kecil adalah Kelurahan Cakranegara Barat. Semua wilayah Cakranegara merupakan daerah bukan  pantai dengan ratarata curah hujan sebesar 145,29 mm per bulan.





Kecamatan Cakranegara memiliki 10 kelurahan, yang terdiri dari 72 lingkungan dan 302 rukun tetangga (RT). Untuk menjalankan roda pemerintahan di sepuluh kelurahan tersebut, terdapat 160 Aparat Kelurahan. 107 orang diantaranya memiliki pendidikan tertinggi SMA/sederajat, sedangkan 30 diantaranya memiliki pendidikan tertinggi DIII/Universitas. Selain itu, terdapat 30 aparat camat, yang terdiri dari 15 lakilaki dan 15 perempuan. Sarana perekonomian yang ada di
Kecamatan Cakranegara cukup menunjang perekonomian, karena sebagian kelurahan yang ada di Cakranegara telah memiliki pasar. Di Kecamatan Cakranegara terdapat 6 pasar umum, 1.741 toko dan 41 lembaga keuangan yang tersebar hampir di seluruh kelurahan yang ada di Cakranegara.

Berdasarkan data dari hasil survey Badan Pusat Statistik selama kurun waktu 2016, jumlah penduduk Kecamatan Cakranegara tercatat 61.395 jiwa. Sama dengan tahun sebelumnya, di tahun ini jumlah penduduk lakilaki lebih sedikit daripada penduduk perempuan, dengan angka sex ratio 0,99, artinya setiap 100 perempuan di cakranegara terdapat 99 lakilaki. Penduduk Cakranegara hamper merata di tiap kelurahan, dengan penduduk terbanyak di Kelurahan Cakranegara Selatan Baru, kemudian disusul Kelurahan Sayang sayang, sedangkan kelurahan Cakranegara Timur memiliki penduduk paling sedikit. Wilayah yang paling padat penduduknya
adalah Kelurahan Cakranegara Selatan Baru, dengan kepadatan penduduk sebesar 14.348 jiwa/km2. Sarana perekonomian yang ada di Cakranegara cukup menunjang perekonomian masyarakat. Sektor perdagangan masih merupakan sector yang paling banyak menyerap tenaga kerja, kemudian diikuti oleh sektor jasa dan konstruksi.

Sumber daya manusia merupakan aset utama pembangunan. Tersedianya sarana pendidikan yang memadai akan menunjang terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. SDM berkualitas dibutuhkan dalam pembangunan daerah dan nasional, baik pembangunan jangka panjang maupun jangka pendek. Di Cakranegara terdapat 3 unit Universitas/akademi, 2 unit SMA, 1 unit SMK, 5 unit SMP, 1 unit MTs, 32 unit SD, 4 unit MI, dan 15 unit TK/RA. Pendidikan dan kesehatan merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas masyarakat. Tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai sangat menunjang peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Upaya peningkatan kualitas kesehatan membutuhkan partisipasi dari semua pihak baik pemerintah maupun swasta. Pada tahun 2016 di Cakranegara terdapat 24 apotik dan 2 toko obat. Selain itu, terdapat 42 dokter dan 14 bidan, yang turut membantu peningkatan kualitas kesehatan
masyarakat kecamatan Cakranegara. Jumlah gangguan Kamtibmas yang terjadi di Kecamatan Cakranegara sebanyak 258 kasus, dimana kasus pencurian merupakan gangguan yang paling banyak terjadi, yaitu sebanyak 104 gangguan.


Keragaman penduduk Kecamatan Cakranegara didukung oleh berbagai sarana penunjang untuk beribadah, seperti tempat beribadah yang tersebar diseluruh kelurahan. Banyaknya tempat beribadah di Cakranegara mencapai 148 bangunan tempat ibadah yang terdiri dari 22 masjid, 56 langgar, 4 gereja, dan 64 pura.


Berikut ini adalah daftar nama-nama kelurahan dan  lingkungan di kecamatan Cakranegara   Kota Mataram sebagai referensi bagi pengunjung sekalian, dan apabila terdapat kekurangan mohon info dan masukannya.

KELURAHAN CAKRANEGARA BARAT  (KODE POS : 83239) terdiri dari : Lingkungan Kampung Jawa, Lingkungan Kauhan, Lingkungan Geria Mandra, Lingkungan Jeruk Manis, Lingkungan Karang Sampalan, Lingkungan Karang Kemong, Lingkungan Gubug Panaraga, Lingkungan Karang Jangkong dan Lingkungan Banjar Pande Utara.

KELURAHAN CILINAYA  (KODE POS : 83238) terdiri dari : Lingkungan Banjar Pande Selatan, Lingkungan Karang Sidemen, Lingkungan Karang Pendem, Lingkungan Karang Wanasara, Lingkungan Yase Kembang, Lingkungan Karang Bengkel, Lingkungan Karang Bang Bang, Lingkungan Banjar Mantri, Lingkungan Karang Jasi dan Lingkungan Karang Tapen.

KELURAHAN SAPTA MARGA  (KODE POS : 83238) terdiri dari : Lingkungan Karang Blumbungan, Lingkungan Karang Bangkulan, Lingkungan Karang Lelede, Lingkungan Karang Jangu, Lingkungan Panaraga Utara, Lingkungan Panaraga Selatan dan Lingkungan Sapta Marga.

KELURAHAN CAKRANEGARA TIMUR   (KODE POS : 83239)  terdiri dari : Lingkungan Pandan Salas, Lingkungan Ukir Kawi, Lingkungan Pamotan, Lingkungan Negarasakah Utara, Lingkungan Sweta Barat, Lingkungan Sweta Timur dan Lingkungan Sweta Selatan.

KELURAHAN MAYURA   (KODE POS : 83238)  terdiri dari : Lingkungan Klodan, Lingkungan Karang Tulamben, Lingkungan Karang Bedil, Lingkungan Karang Songkang, Lingkungan Karang Siluman Utara, Lingkungan Karang Siluman Selatan dan Lingkungan Negarasakah Timur

KELURAHAN CAKRANEGARA SELATAN   (KODE POS : 83239)  terdiri dari : Lingkungan Karang Kelebut, Lingkungan Karang Batu Aya, Lingkungan Karang Tangkeban, Lingkungan Seganteng Subagan, Lingkungan Seganteng Karang Bangket, Lingkungan Karang Kacincang, Lingkungan Karang Daha dan Lingkungan Karang Seraya.

KELURAHAN CAKRANEGARA SELATAN BARU    (KODE POS : 83239)  terdiri dari : Lingkungan Seganteng Karang Monjok, Lingkungan Gatep Timur, Lingkungan Gatep Barat, Lingkungan Abian Tubuh Utara, Lingkungan Abian Tubuh Selatan, Lingkungan Seganteng Karang Pande dan Lingkungan Seganteng Karang Gebang.

KELURAHAN CAKRANEGARA UTARA    (KODE POS : 83239)  terdiri dari : Lingkungan Sindu, Lingkungan Tohpati, Lingkungan Seksari dan Lingkungan Karang Mas Mas.

KELURAHAN KARANG TALIWANG    (KOSE POS : 83238)  terdiri dari : Lingkungan Karang Taliwang, Lingkungan Karang Bagu dan Lingkungan Karang Jero.

KELURAHAN SAYANG-SAYANG   (KODE POS : 83239) terdiri dari : Lingkungan Rungkang Jangkuk, Lingkungan Sayang Daye, Lingkungan Sayang Lauk, Lingkungan Lendang Ree, Lingkungan Derman Sari, Lingkungan Lendang Kelor, Lingkungan Kramat Nunggal dan Lingkungan Karang Kuluh.

Demikian nama Kelurahan dan Lingkungan di Kecamatan Cakranegara, semoga bermanfaat... terimakasih atas kunjungannya!


1 Response to "NAMA KELURAHAN & LINGKUNGAN DI KECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM"

  1. I misplaced more money taking part in} slots using my participant's card than not using my participant's card. Ask your self how on line casino commercials or movies present the slot machine landing on 777 or another jackpot while filming? I even have have} sat next to older people than myself many occasions and noticed the participant next to me barely tapping the 카지노 사이트 play button during the brief time we had to play.

    BalasHapus