NAMA KELURAHAN & LINGKUNGAN DI KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM

Kecamatan Ampenan terletak di wilayah paling barat Kota Mataram yang berbatasan dengan selat Lombok. Di sebelah timur Kecamatan Ampenan berbatasan dengan kecamatan Selaparang. Sedangkan sebelah utara dan selatan masing-masing berbatasan dengan kecamatan Gunung Sari dan Kecamatan Sekarbela.

Luas wilayah Kecamatan Ampenan adalah 9,46 Km² yang terbagi dalam 10 (sepuluh) kelurahan, yaitu : Bintaro, Ampenan Utara, Dayen Peken, Ampenan Tengah, Banjar, Ampenan Selatan, Taman Sari, Pejeruk, Kebon Sari dan Pejarakan Karya. Kelurahan Ampenan Utara merupakan kelurahan yang memiliki wilayah paling luas sekitar 26,36% dari luas wilayah kecamatan. Dari sepuluh kelurahan tesebut, empat diantaranya merupakan daerah pantai, sedangkan enam lainnya tergolong bukan daerah pantai.

Wilayah Kecamatan Ampenan terdiri dari 55 lingkungan, 24 Rukun Warga (RW), dan 263 Rukun Tetangga (RT). Sementara itu untuk melayani kepentingan masyarakat, terdapat 128 orang aparat kelurahan di Kecamatan Ampenan dengan berbagai latar belakang pendidikan. Diantara 128 orang tersebut, 69 orang diantaranya berlatar belakang pendidikan SMA.
Untuk menggerakkan roda perekonomian di Kecamatan Ampenan, telah tersedia berbagai sarana perekonomian yaitu 2 pasar umum, 1.092 toko/kios dan 6 Lembaga Keuangan.
Jumlah Penduduk Kecamatan Ampenan pada tahun 2011 adalah 74.592 jiwa terdiri dari 37.521 laki-laki dan 37.071 perempuan. Dengan luas wilayah sebesar 9,46 Km², kepadatan penduduk di kecamatan ini adalah 7.885 jiwa/ Km², yang berarti untuk setiap 1 Km² wilayah Ampenan, terdapat sekitar 7.885 jiwa yang menempati wilayah tersebut. Kelurahan yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di kecamatan Ampenan adalah kelurahan Dayen Peken dengan kepadatan penduduk sebesar 15.711 jiwa/ Km².
Jika ditinjau dari sektor ekonomi, jumlah rumah tangga di kcamatan Ampenan dapat dibagi ke dalam 11 sektor ekonomi antara lain Pertanian, Peternakan, Konstruksi, dagang, dsb. Sektor Jasa merupakan sektor dengan jumlah rumah tangga tertinggi yaitu 5.972. Hal ini dapat jaga diartikan bahwa sekitar 5.972 rumah tangga di Kacamatan Ampenan bergerak di Sektor Jasa.
Pendidikan merupakan faktor penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di suatu wilayah. Untuk itu sarana pendidikan yang memadai sangat dibutuhkan keberadaannya. Sarana pendidikan yang tersedia di kecamatan Ampenan meliputi 25 Taman Kanak-Kanak (TK), 30 Sekolah Dasar (SD), 10 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 4 Sekolah Menengah Atas (SMA).
Pertanian padi sawah di Kecamatan Ampenan memiliki angka produksi tertinggi dibandingkan pertanian tanaman jenis lain yaitu sebesar 932,44. Sementara itu, kuda merupakan hewan ternak yang paling banyak diternakkan jika dibandingkan dengan ternak jenis lainnya.
Berikut ini adalah nama-nama kelurahan dan lingkungan di kecamatan Ampenan kota Mataram :

KELURAHAN BINTARO  (KODE POS : 83118)  Lingkungan Bintaro Jaya, Lingkungan Pondok Perasi, Lingkungan Kp. Bugis, Lingkungan Telaga Mas, Lingkungan Dayan Peken dan Lingkungan Kebon Roek.

KELURAHAN AMPENAN UTARA  (KODE POS : 83511)  
Lingkungan Batu Raja, Lingkungan Tinggar, Lingkungan Kebon Talo Jaya dan Lingkungan Jempong.

KELURAHAN DAYEN PEKEN  (KODE POS : 83118)  
Lingkungan Dayen Peken, Lingkungan Kebon Roek, Lingkungan Karang Ujung, Lingkungan Otak Desa Utara, Lingkungan Otak Desa Selatan dan Lingkungan Pelembak.

KELURAHAN AMPENAN TENGAH  (KODE POS : 83112)  
Lingkungan Melayu Bangsal, Lingkungan Melayu Tengah, Lingkungan Melayu Timur, Lingkungan Sukaraja Barat, Lingkungan Sukaraja Timur, Lingkungan Sukaraja Timur Perluasan, Lingkungan Mujahidin, Lingkungan Tampit, Lingkungan Pintu Air dan Lingkungan Presak Tampit.

KELURAHAN BANJAR  (KODE POS : 83118)  
Lingkungan Selaparang, Lingkungan Sintung dan Lingkungan Banjar.

KELURAHAN AMPENAN SELATAN  (KODE POS : 83114)  Lingkungan Tangsi, Lingkungan Karang Buyuk, Lingkungan Karang Panas dan Lingkungan Gatep.

KELURAHAN TAMAN SARI  (KODE POS : 83118)  Lingkungan Taman Kapitan, Lingkungan Irigasi, Lingkungan Gatep Indah dan Lingkungan Selaparang.

KELURAHAN PEJERUK  (KODSE POS : 83113)  Lingkungan Pejeruk Desa, Lingkungan Pejeruk Perluasan, Lingkungan Pejeruk Abiyan, Lingkungan Kebon Jeruk, Lingkungan Kebon Jeruk Baru, Lingkungan Pejeruk Sejahtera, Lingkungan Pejeruk Bangket dan Lingkungan Kebon Bawak Barat.

KELURAHAN KEBON SARI  (KODE POS : 83118)  Lingkungan Kebon Bawak Tengah, Lingkungan Kebon Bawak Nurul Yaqin, Lingkungan Kebon Bawak Timur, Lingkungan Karang Baru dan Lingkungan Dasan Sari.

KELURAHAN PEJARAKAN KARYA  (KODE POS : 83118)  Lingkungan Pejarakan, Lingkungan Penan dan Lingkungan Moncok Karya.

Demikian nama-nama Kelurahan dan Lingkungan di Kecamatan Ampenan, semoga bermanfaat... terimakasih atas kunjungannya!

Lihat juga NAMA DESA & DUSUN DI KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

1 Response to "NAMA KELURAHAN & LINGKUNGAN DI KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM"

  1. Excellent post. I used to be checking constantly this weblog and I'm inspired! Extremely helpful information specially the remaining section :) I handle such information a lot. I was looking for this certain info for a long time. Thanks and best of luck. gmail login

    BalasHapus